"SELAMAT DATANG DI BLOG PUSKESMAS KARANG SATRIA"

Senin, 10 Mei 2010

Bintek Hari ke-2

                              Pusat Kesehatan Masyarakat
Pusat Kesehatan Masyarakat, disingkat Puskesmas, adalah Organisasi fungsional yang menyelenggarakan upaya kesehatan yang bersifat menyeluruh, terpadu, merata, dapat diterima dan terjangkau oleh masyarakat, dengan peran serta aktif masyarakat dan menggunakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat guna, dengan biaya yang dapat dipikul oleh pemerintah dan masyarakat. Upaya kesehatan tersebut diselenggarakan dengan menitik beratkan kepada pelayanan untuk masyarakat luas guna mencapai derajat kesehatan yang optimal, tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.


Puskesmas merupakan unit pelaksana teknis kesehatan di bawah supervisi Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Secara umum, mereka harus memberikan pelayanan preventif, promotif, kuratif sampai dengan rehabilitatif baik melalui upaya kesehatan perorangan (UKP) atau upaya kesehatan masyarakat (UKM). Puskesmas dapat memberikan pelayanan rawat inap selain pelayanan rawat jalan. Hal ini disepakati oleh puskesmas dan dinas kesehatan yang bersangkutan. Dalam memberikan pelayanan di masyarakat, puskesmas biasanya memiliki subunit pelayanan seperti puskesmas pembantu, puskesmas keliling, posyandu, pos kesehatan desa maupun pos bersalin desa (polindes).
Puskesmas( pusat kesehatan masyarakat) yang bertempat di kecamatan dimaksudkan sebagai pengganti keberadaan rumah sakit dan klinik – klinik kesehatan yang bertanggung jawab atas kesehatan rakyat.
puskesmas juga merupakan suatu instansi pemerintah yang wajib bertanggung jawab atas kesejahteraan kesehatan masyarakat terutama ibu dan anak di setiap kecamatannya, terlebih lagi pada daerah-daerah pedalaman yang sulit untuk menjangkau rumah sakit dikarenakan akses terhadap infrastruktur desa yang masih sangat kurang


Puskesmas Karang Satria
Luas wilayah kerja Puskesmas Karang Satria adalah 609,713.00 km2 Desa wilayah kerja yang paling luas adalah Desa Satria Jaya 301873 km2 dari luas seluruhnya dan desa wilayah kerja paling kecil adalah Desa Karang Satria 31616 km2 dari luas seluruhnya.
Secara administratif Puskesmas Karang Satria berada di Kecamatan Tambun Utara yang merupakan Wilayah Pengembangan II yaitu wilayah bagian Timur Kabupaten Bekasi yang mempunyai karakter untuk memproduksi hasil-hasil pertanian.
Wilayah kerja Puskesmas Karang Satria adalah 3 desa meliputi 241 RT dan 50 RW. Kedelapan desa tersebut adalah :
a. Desa Karang Satria
b. Desa Satria Jaya
c. Desa Jejalen Jaya
Jarak terjauh ke Puskesmas yaitu 4 km dan jarak terdekat yaitu 200 m dengan waktu tempuh terlama adalah 30 menit dan waktu tempuh tercepat 5 menit dengan demikian dapat dikatakan bahwa seluruh desa di wilayah kerja Puskesmas Karang Satria relatif terjangkau.





Visi, Misi & Motto Puskesmas Karang Satria
Visi
Menjadi Puskesmas Karang Satria Yang “ SANTUN”
Misi
Memberikan pelayanan Kesehatan yang ramah
Meningkatkan mutu sumber daya puskesmas yang berkualitas
Meningkatkan budaya kerja yang professional
Mengembangkan standarisasi puskesmas melalui peningkatan upaya kesehatan wajib dan upaya kesehatan pengembangan
Melaksanakan sistim informasi yang cepat dan tepat
Memelihara sarana dan prasarana puskesmas yang mendukung setiap pelayanan kesehatan
Motto
Kesehatan anda adalah kebahagiaan kami
Geografi
Kecamatan Tambun Utara terletak di wilayah Kabupaten Bekasi, Kecamatan Tambun Utara memiliki dua puskesmas yaitu Puskesmas Karang Satria, dan puskesmas Sri Amur


Batas wilayah Puskesmas Karang Satria
Sebelah Utara : Desa Setia Mekar
Sebelah Selatan : Kecamatan Tambun Selatan
Sebelah Barat : Kota madya Bekasi Barat
Sebelah Selatan : Kabupaten Mangun Jaya


Sumber Daya
Dokter Umum : 3
Dokter Gigi : 1
Perawat : 5
Bidan :15
Perawat Gigi : 1
TU : 1 


Pelayanan Puskesmas
Promosi Kesehatan
Kesehatan Ibu dan Anak
Balai Pengobatan Umum
Balai Pengobatan Gigi
Kosultasi Gizi
Immunisasi
Konsultasi Kesehatan Remaja dan Usila
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS)/UKGS
Pencegahan dan Pemberantasan penyakit
Kesehatan Lingkungan

1 komentar:

Ibi Jatim mengatakan...

Assalamualaikum perkenalkan Bu saya andri,.Mau menawarkan apabila buku kia nya habis bisa beli ato pesan di saya bu.karna saya menjual / melayani keperluan Ibu2 Bidan Se Indonesia khusus nya buku kia ,dan buku kelas Ibu Hamil dan Balita dll.Buku kia per buku nya 5000,00
Dan ini no hp saya yg bisa di hubungi 085732383640 dan 081216503676 terima kasih bnyak sebelum nya ^_^

Posting Komentar